Berwisata-Mengenal-Sejarah-di-Museum-Sri-Baduga-Bandung

Berwisata Mengenal Sejarah di Museum Sri Baduga Bandung

https://www.foryoutour.co.id/ – Museum Sri Baduga memiliki nilai sejarah dan pendidikan yang tak ternilai harganya. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengajak keluarga ke tempat wisata sejarah di Bandung dan mengajari anak-anak semua hal tersebut. Sebagai salah satu museum di Bandung, Museum Sri Baduga pada awalnya didirikan pada tahun 1974 di gedung perkantoran kecamatan dengan nama Kawedanan Tegallega, bekas wilayah administrasi Kota Bandung.

Kemudian pada tahun 1980 museum tersebut resmi dikenal sebagai Museum Negeri Provinsi Jawa Barat dan diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Dr. Daud Yusuf. Nama Sri Baduga sendiri diambil dari nama Raja Sunda yang memiliki nama lain yaitu Ratu Jayadewata. Ia adalah seorang raja agung Kerajaan Sunda Jawa Barat yang memerintah dari tahun 1482 hingga 1521. Raja Jayadewata dianggap membawa kebesaran dan kemakmuran bagi rakyat dan kerajaannya.

1. Memiliki koleksi sejarah hingga ribuan

Koleksi museum ini bisa dibilang lengkap dengan 5.367 koleksi peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya. Beberapa diantaranya berupa koleksi Geologi, Etnografi, Arkeologi, Sejarah, Biologi, Heraldika atau Numismatik, Filologi, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi, dengan koleksi terbesar berasal dari keluarga yang berkaitan dengan berbagai benda budaya daerah atau Etnografi.

Semua koleksi di atas juga tidak hanya terbatas pada bentuk asli atau nyata, tetapi juga lengkap dengan koleksi replika, miniatur, maket dan foto yang tidak hanya dipamerkan di pameran permanen tetapi juga didokumentasikan dengan sistem komputerisasi dan disimpan dengan aman di gudang koleksi. Guna memberikan gambaran singkat namun lengkap tentang sejarah alam dan budaya penduduk Jawa Barat, termasuk berbagai pola dan tahapan perkembangan dan perubahan, pengelola membagi tiga lantai bangunan museum sesuai fungsinya.

2. Melihat Sejarah Perkembangan Bandung di Lantai Satu

Anda bisa melihat penampakan awal perkembangan sejarah alam dan budaya Jawa Barat di lantai satu. Tersusun dengan memajang berbagai benda peninggalan zaman prasejarah hingga zaman Hindu-Budha. Luar biasa bukan? Mungkin tidak banyak museum yang memiliki peninggalan zaman Hindu-Budha.

3. Pameran Budaya Tradisional di Lantai Dua

Di lantai dua, Anda akan disuguhkan dengan pameran budaya tradisional. Semuanya mencerminkan pola kehidupan masyarakat, mata pencaharian, perdagangan, dan transportasi mereka. Selain itu, Anda juga bisa melihat pengaruh budaya Islam dan Eropa, sejarah perjuangan bangsa dan berbagai simbol daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

4. Koleksi etnografi  di Lantai Tiga

Untuk lantai tiga Museum Sri Baduga Anda akan melihat berbagai macam koleksi etnografi berupa berbagai bentuk dan fungsi wadah, kesenian dan juga keramik asing. Museum ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Karena anak-anak bisa belajar sejarah dengan melihat secara langsung.

Informasi Umum

Museum ini tepatnya terletak di Jl. BKR No. 185 atau Lingkar Selatan Kota Bandung. Buka dari pukul 08.00 di 16.00 dari Selasa sampai Minggu. Berbagai koleksi sejarah bernilai tinggi bisa Anda nikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.500. Murah banget kan? Dijamin kamu tidak akan merasa rugi jika berkunjung ke museum ini. Jangan lupa ajak anak kesayangan Anda, agar bisa mengetahui sejarah Bandung dan Indonesia pada zaman dahulu. Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata terdekat, seperti Alun-Alun Kota Bandung, Taman Lalu Lintas, Waterboom Panghegar dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *